Alasan Kebanyakan Penggaris Panjangnya 30 cm

Tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya penggaris. Biasanya kita bisa menjumpai penggaris yang dipakai di sekolah dasar dan menengah. Namun pernahkan Anda berpikir mengapa kemungkinan besar penggaris panjangnya adalah 30 cm? Tiga puluh sentimeter itu kurang lebih panjangnya sama dengan 12 inci atau 1 kaki. Pernahkah terpikir dalam benak kalian, alasan kenapa panjang penggaris kebanyakan lebih seringnya sebesar 30 cm? Mengapa tidak dibuat 15 cm saja, atau 40 cm?

Ternyata panjang penggaris yang 30 cm itu memiliki arti khusus dan tidak sekedar asal saja. Dalam bidang komputer dan elektronika, panjang 30 cm menjadi pegangan dalam proses perancangan dan pembangunan rangkaian mikroelektronika dan rangkaian terpadu atau biasa disebut integrated circuit (disingkat IC). Jarak 30 cm kurang lebih adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang elektromagnetik dalam waktu satu per milyar detik. Perioda satu per milyar detik berkorespondensi dengan frekuensi 1 milyar daur (cycle) per detik (giga hertz, GHz). Sehingga kurang lebih pada skala yang sama dengan kecepatan komputer pada saat ini.

Tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya penggaris Alasan Kebanyakan Penggaris Panjangnya 30 cm

Faktor 30 cm menjadi penting dalam merancang sebuah rangkaian elektronika yang beroperasi pada frekuensi GHz. Dalam rangkaian elektronika skala GHz, daur arus listrik dalam rangkaian akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang pada sekitar skala sentimeter. Jika rangkaian elektronika tersebut berukuran juga pada skala sentimeter, maka insinyur yang bertugas merancang rangkaian tersebut harus mempertimbangkan faktor waktu yang diperlukan untuk perambatan gelombang elektromagnetik dalam rangkaian. 

Penggunaan ukuran 30 cm juga digunakan untuk memberikan ilustrasi tentang kecepatan cahaya dan jarak yang ditempuh. Selain itu seperti sudah disebutkan di atas, panjang 30 cm sama dengan panjang 1 kaki (1 feet). Satuan kaki merupakan satuan resmi di United Kingdom of Britain atau Kerajaan Inggris Raya. Oleh karena itu penggunaan panjang penggaris yang 30 cm berarti sama dengan 1 feet.

Itulah tadi sekilas info mengenai alasan kebanyakan penggaris yang panjangnya 30 cm. Tentunya pemilihan 30 centimeter memiliki alasan ilmiah khusus yang tidak banyak diketahui orang-orang. Sekian info pengetahuan terbaru. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.



(CepatLambat)
Advertisement
Alasan Kebanyakan Penggaris Panjangnya 30 cm